Cara mengatasi kipas angin yang mendengung dengan cepat dan mudah

memperbaiki kipas angin image

Kipas angin, alat yang satu ini hampir setiap rumah punya.Namun apa jadinya jika kipas angin Anda tiba- tiba berhenti berputar dan berdengung??
Untung kalau masih ada es teh, kita masih bisa minum es.Jika tidak ada, pastilah kita akan merasa kepanasan bagaikan di panggang hidup-hidup.. hehehe,
Namun jangan khawatir, hari ini saya akan bagikan kepada Anda semua gimana cara mengatasi masalah tersebut.

Hal yg menyebabkan kipas Anda mendengung adalah ketidakseimbangan titik tengah antara rotor dan stator pada kipas Anda.Bingung apa itu rotor dan apa itu stator?

Stator adalah bagian yang diam dari sebuah kipas atau yang berisi lilitan tembaga.Terdapat lilitan yang beguna untuk membuat medan magnet yang nanti akan memutar kipas Anda.

Kalo stator bagian yang diam alias statis, rotor adalah bagian yang berputar alias rotasi.Rotor ini lah yang akan berputar pada kipas Anda.Ciri-ciri yang bisa kita lihat pada rotor adalah bagian yang terhubung langsung dengan baling-baling kipas.

Selanjutnya kita mengenal bearing dan rumah bearing.Bearing ini berfungsi untuk menahan/posisi dudukan rotor. Dalam rumah bearing nanti terdapa lock, dia berfungsi menahan bearing supaya tidak bergerak/bergeser pada posisinya.Inilah yang membuat kipas Anda mendengung,karena posisi rotor berubah karena lock bearing lepas.Gambar dari lock bearing seperti dibawah namun setiap kipas berbeda bentuk.

Rumah Bearing image
Rumah Bearing

Nah, sekarang langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah bongkar komponen kipas Anda.Seperti rotor,stator dan bearing.Bersihkan semua komponen, dan bersihkan bearing. Pasang komponen bearing dan pastikan lock dari bearing terpasang rapat.Tambahkan lem jika bearing sudah ter lock supaya tidak mudah lepas.

Bentuk lock Bearing image
Bentuk lock Bearing

Setelah semua bearing terpasang, rakit kembali semua komponen kipas Anda. Pastikan juga bagian dari rotornya tidak longgar atau goyang, karena ini akan menentukan letak posisi center dari magnet kipas sehingga kipas tidak mendengung lagi.Putar perlahan-lahan ujung rotor kipas yang apakah terasa berat ataukah tidak. Jika masih berat coba perikasa apakah ada yang nyangkut pada bearing kipas.

Tambahkan juga minyak goreng atau oli pelumas untuk melumasi bearing agar lebih licin dan lancar ketika diputar.Pastikan juga semua komponen terpaang dengan benat sehingga tidak ada lagi yang tertinggal. Setelah semua komponen sudah terpasang, sekarang saatnya kita tes apakah sudah berhasil atau tidak. Jika letak posisi bearing sudah center atau pas maka kipas Anda akan berputar kembali dan siap mendinginkan udara untuk Anda.

Kipa Berhasil image
Kipas Berhasil

Sekian share saya hari ini, semoga masalah dengan kipas Anda segera selesai. Selamat Mencoba !! 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 7 = 2