Cara Remote Komputer dengan Android Secara Mudah dan Cepat

Bagi Anda yag mempunyai smartphone android, sekarang Anda bisa remote atau mengontrol pc/laptop Anda dengan HP android Anda.Dengan begini Anda bisa menggunakan laptop Anda meskipun Anda sedang berada nan jauh disana.
Sebagai contoh seperti ini :

Anda sekarang sedang berada di Jakarta, sedangkan laptop Anda berada di Surabaya.Tiba tiba Anda harus mengerjakan suatu tugas atau mengirim email kepada seseorang, sedangkan data Anda berada di laptop? apa yang harus Anda lakukan? ya, dengan android Anda bisa menggunakan laptop Anda untuk mengirim email tersebut meskipun Anda sekarang berada di Jakarta.

Oke, tanpa basa-basi sekarang akan saya jabarkan gimana sih mengguankan android kita untuk remote pc/laptop kita.

Pertama-tama yang kita butuhkan adalah software TEAM VIEWER untuk PC/laptop Anda.Jika Anda belum punya Anda bisa download di situs resminya DISINI.Versi terbaru saat saya menulis ini adalah versi 11.0. Oke silahkan download terlebih dahulu sebelum Anda melanjutkan ke langkah berikutnya.

Setelah selesai download, buka file TEAM VIEWER setupnya dengan cara klik kanan dan pilih Run as administrator.

setup team viewer

run as adminstration

Setelah langkah diatas selesai, Anda akan menemukan kotak dialog seperti pada gambar dibawah ini.

team viewer dialog

Pilih Basic Instalation jika Anda ingin instal team viewer kedalam PC/Laptop Anda.Dan pilih Run Only jika Anda hanya ingin menggunakanya sekali saja dan tidak di install di PC/Laptop Anda.Pilih juga Personal/non-commercial karena pada pilihan ini bersifat free atau gratis.Setelah itu klik Accept-Finish.

Jika sudah, maka akan tampak seperti pada gambar dibawah ini.

team viewer

Yang perlu Anda perhatikan adalah ID dan password Anda. ID dan password ini yang akan kita gunakan untuk bisa remote PC/Laptop ini. Apabila Anda ingin me-remote PC/Laptop lain Anda masukkan ID dan password PC/laptop lawan pada bagian dibawah ini.

remote team viewer

Oke, Instalasi pada PC/Laptop selesai. Sekarang kita lanjut ke proses berikutnya. Yang perlu di perhatikan adalah ID dan password pada PC /Laptop Anda.

Sekarang kita pindah ke HP android Anda, silahkan download TEAM VIEWER pada Play Store.

Screenshot_2016-03-20-12-24-32

Buka aplikasi Team Viewer pada android Anda.

app team viewer img

Jika sudah, Silahkan masukkan ID TEAM VIEWER pada PC/Laptop Anda.Setelah itu maka Anda akan diminta memasukka passwordnya.

Screenshot_2016-03-20-12-27-46

Sekarang masukkan password TEAM VIEWER yang ada pada PC/Laptop Anda.

Dan, Selamat kini PC/Laptop Anda sudah tampil di HP android Anda!!

Screenshot_2016-03-20-12-29-48
Tampilan pada android

Anda bisa menggunakan layar potrait/landscape pada android Anda.

Ok, sekarang mari kita coba untuk membuka satu aplikasi PC lewat HP android Anda.Dsini saya contohkan membuka Windows Media Player. Silahkan geser pointer mouse dengan menggunakan HP android Anda dan arahkan pada icon Windows Media Player.Jika sudah silahkan tap/sentuh layar android Anda untuk membukanya.

Screenshot_2016-03-20-12-30-34
Tampilan di Android

Gimana mudah kan? Anda bisa melakukan apapun pada PC/Laptop Anda melalui android Anda mulai dari install/uninstall aplikasi, mengirim email dll. Pokoknya menggunakan aplikasi ini serasa PC/Laptop Anda berada dalam genggaman Anda! hehehe, Oke, lanjut! untuk mengakhirinya Anda bisa tap/atau sentuh tanda X pada layar android Anda.

Oke, Sekian dulu artikel dari saya.Jika ada pertanyaan silahkan tanyakan di kolom komentar dan jangan lupa untuk share dan komen jika artikel ini bermanfaat. 🙂

Selamat Mencoba.!!

2 thoughts on “Cara Remote Komputer dengan Android Secara Mudah dan Cepat

  1. Mas, mau tanya nih, Bagaimana sih cara mengklik kanan jika saya gunakan di Android..?? Mhn petunjuk mas. Trima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

47 + = 52