Cara Praktis cek Artikel Lolos Copy Paste

Bagi Anda yang mempunyai blog atau sering membuat tulisan yang di upload di sebuah blog maka sebaiknya Anda meneliti dulu apakah artikel/tulisan yang Anda tulis sudah lolos copy paste apa belum.Tulisan yang lolos copy paste akan lebih mudah muncul di mesin pencari google serta akan lebih mudah diterima di Adsence google.

Kali ini Arsipu Word akan membagikan kepada Anda semua terutama bagi Anda yang bergelut di bidang blog.Tulisan yang akan Saya bagikan kali ini adalah “Cara Praktis cek Artikel Lolos Copy Paste“, suatu cara yang akan sangat berguna sekali bagi Anda yang suka menulis di blog.

Oke langsung saja ke pembahasan, tool yang akan kita gunakan untuk mengecek apakah tulisan kita lolos copy paste adalah Copyscape. Tool ini sangat simpel dan powerful, sehingga Anda pasti akan paham ketika nanti Saya jelaskan pada tulisan dibawah ini.

Pertama, buatlah sebuah artikel dan publish pada website atau blog Anda. Seperti contoh dibawah ini, Saya menggunkan artikel Saya yang berjudul Tips Jitu Mengatasi Teman yang Sering Menambahkan ke Grup Tidak Jelas di Facebook  . Kemudian buka artikel yang telah Anda buat dan copy url atau alamat artikel yang telah Anda buat. Contohnya punya Saya urlnya adalah http://arsipuword.com/tips-jitu-mengatasi-teman-yang-sering-menambahkan-ke-grup-tidak-jelas-di-facebook/

artikel arsipu word image

Langkah berikutnya, buka website Copyscape, dengan cara klik DISINI. Jika sudah silahkan paste url artikel yang telah Anda copy dan paste pada kotak pencarian artikel di website Copyscape. Perhatikan gambar dibawah ini ya..

copy scape

 

copyscape lookup

Jika sudah, klik GO.

hasil lookup

Pada tahap ini, copyscape akan menampilkan data dari tulisan pada sebuah blog atau website yang mempunyai kemiripan konten dengan artikel yang kita tulis. Daftar yang paling atas merupakan website yang mempunyai kemiripan isi paling banyak dengan artikel yang kita tulis. Semakin kebawah, artinya semkin kecil presentasi kemiripanya. Oke, mari kita coba klik dan bandingkan artikel Saya dengan daftar paling atas. Silahkan klik website tersebut.

look up daftar teratas

Tulisan yang dikasih tanda kotak merah diatas itu adalah presentase dan jumlah kata yang sama pada suatu website. Sedangkan yang berada di bawah itu adalah kata yang mirip atau identik dengan tulisan kita. Semakin sedikit presentase dan jumlah kata yang sama, semakin unik artikel yang Anda buat. Hal itu menandakan bahwa artikel yang Anda tulis telah lolos copy paste.

Mari coba kita lihat pada daftar no.2 dari hasil pencarian artikel tadi.

website no_2

Maka akan didapatkan hasil yang sama seperti sebelumnya, namun presentasinya lebih kecil.

hasil terakhir

Semakin kebawah, semakin kecil presentase kemiripan tulisan yang Anda buat. Jadi, sebagai tolak ukur Anda bisa menggunakan website atau blog yang muncul pada urutan pertama pada copyscape sebagai indikator apakah artikel Anda sudah lolos copy paste ataukah belum.

Baiklah, sekian apa yang bisa Saya share hari ini. Jangan lupa untuk sering-sering berkunjung ke arsipu word ya.. 😀

Sediakanlah waktu sebentar untuk share artikel ini dan berkomentar meskipun hanya sekedar ucapan terima kasih 🙂

Happy blogging 😀

6 thoughts on “Cara Praktis cek Artikel Lolos Copy Paste

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

70 − 61 =