Cara Setting Email Web di Handphone dengan Mudah!

Cara setting email web atau setting email website di handphone tidaklah sulit.Setting Webmail pada handphone kali ini akan saya jelaskan tahap demi tahap sehingga pengunjung Arsipu Word bisa melakukan dan mempraktekanya dengan mudah.

Setelah kemarin saya telah posting tentang Cara membuat Email dengan Domain Sendiri secara cepat dan mudah! kali ini saya melanjutkanya dengan bagaimana cara setting email tersebut di handphone.

Pada artikel kali ini merupakan lanjutan dari artikel yang saya sebutkan diatas, sehingga disini tidak mengulang kembali apa yang saya jelaskan kemarin.Bagi yang belum baca, silahkan baca terlebih dahulu.

Oke langsung saja dipersiapkan internet, handphone dan laptop Anda.

Pertama Anda buka dulu cpanel Anda. Masuk ke Email Account, pilih email dan klik more kemudian klik Configure Email Client.

Configure email client

Selanjutkan Anda akan dibawa ke halaman konfigurasi dari email Anda. Kira-kira tampilanya seperti ini..

 

Configure email page

Gambar diatas adalah data dari konfigurasi email kita. Oke, sekarang siapkan Handphone Anda dan masuk ke alpkasi email kemudian tambah akun baru.

tambah akun email

Masing-masing handphone mungkin berbeda, jika punya saya tinggal tap tanda + untuk menambah akun baru.

Silahkan masukkan email dan password yang telah kita buat sebelumnya. Masih ingat dengan email dan passwordnya kan?

email dan password

Jika sudah klik Next, maka akan ada 3 pilihan akun email yang akan Anda setting di handphone Anda. Pilihanya adalah POP3, IMAP dan Exchange.

pilihan akun email

Yang paling sering digunakan adalah POP3 dan IMAP.

Perbedaan paling mendasar antara POP3 dan IMAP adalah jika POP3, email di hanphone/komputer kita dengan Server tidak saling sinkron .Sedangkan IMAP, antara Hadphone/komputer dengan Server terjadi sinkronasi.

Contohnya seperti ini :

Jika kita menggunakan POP3 ketika kita menerima email dan membuka lewat handphone/komputer maka status email di komputer/handphone sudah terbaca. Sedangkan ketika kita buka melalui web(webmail) statusnya masih tetap belum terbaca. Begitu juga ketika kita menghapus email di komputer/handphone maka di server juga masih ada alias belum terhapus.

Berbeda dengan IMAP, ketika kita menerima email dan kita buka dari handphone/komputer maka status email di server juga terbaca. Begitu juga ketika kita menghapus email di handphone/komputer maka email di server juga akan terhapus juga. Intinya IMAP ini adalah perpanjangan akses email dari server(webmail) ke handphone/komputer.

Karena itu kita pilih IMAP aja biar gak ribet hehehe,

jika sudah pilih IMAP maka Anda akan dibawa ke setting Incoming messagenya. Perhatikan gambar konfigurasi diatas. Jika Anda menggunakan SSL pada hosting Anda maka gunakan yang SSL, jika tidak maka gunakan Non SSL.

Sekarang saya gunakan yang non SSL.

non ssl setting

Perhatikan pada Incoming Server ada port IMAP dan POP3 .

Masukkan username, password dan Server serta port IMAP sama seperti gambar diatas. Untuk Securitynya pilih None.

setting IMAP

Jika sudah tap Next.

Masukkan juga settingan SMTP seperti pada gambar diatas dan jangan lupa portnya 26. Masukkan ulang password Anda sebelum ke langkah selanjutnya.

setting smtp

Jika sudah tap saja Next.

Pada tahap ini akan terjadi proses koneksi ke server. Jika gagal ganti port SMTP yang tadinya 26 menjadi 25. Kemudian tap Next.

loading koneksi

Proses ini mungkin membutuhkan waktu agak lama, jangan di cancel kecuali gagal. Jika Anda gagal coba ulangi dan cek apakah data yang telah Anda masukkan sudah benar dan sama dengan konfigurasi ada cpanel Anda.

Jika berhasil, kita tinggal setting nama dan berapa waktu auto reloadnya.

setting auto reload

Tap Next dan beri Identitas Email Anda.

beri identitas email

Jika proses berhasil akan didapatkan seperti ini.

email done

Oke, sekarang mari kita coba berkirim email.

Saya akan coba mengirimkan email ke email saya lainya dengan isi seperti dibawah ini.

kirim email

Setelah beberapa saat, kita coba cek email masuk pada alamat penerima.

reply email

Emailnya masuk dan coba kita balas dengan isi ” OK BOSSS!!” kemudian kirim.

Sekarang kita cek email di hanphone kita, setelah beberapa saat akan ada email masuk dari balasan email diatas

reply email 2

Jika sudah seperti ini, maka email yang ada pada handphone Anda sudah siap digunakan. Namun tetap saya sarankan untuk menggunakan email di website (webmail) karena email di handphone terkesan lebih lambat dalam pengiriman dan penerimaanya. Namun jika Anda sedang dalam perjalanan atau lagi tidak menggunakan komputer, email di handphone ini bisa membantu Anda.

Jika ada pertanyaan silahkan tanyakan di komentar πŸ™‚ jangan lupa sharenya πŸ˜€

 

6 thoughts on “Cara Setting Email Web di Handphone dengan Mudah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 1 = 7