Cara agar Website Aman dari Hacker

Cara agar website aman dari hacker mungkin itu adalah kata kunci yang sering dicari oleh owner suatu website atau blog. Para owner dari website akan berusaha mencari cara bagaimana agar situs mereka tidak terkena serangan dari para hacker itu.

Sebenarnya apa sih tujuan para hacker itu?

Menurut saya, ada beberapa alasan kenapa mereka menghack suatu website :

1.Coba-coba

Coba coba ini bisa dibilang website Anda menjadi bahan percobaan mereka sebelum mereka mencoba meretas website yeng lebih tinggi.

2.Iseng

Iseng ini biasanya timbul karena para hacker sudah bosan dengan kegiatan mereka yang menghack situs-situs besar sehingga mereka menghack situs kecil dan usil terhadap situs kita.

3.Penyebaran virus melalui script

Saya punya pengalaman terhadap hal ini, dimana suatu saat ketika saya mengerjakan suatu web. Tiba-tiba mendapat email dari penyedia hosting dimana ada malware di script web saya yang menyebabkan pengiriman email spam yang melampaui batas. Email tersebut berisi hal-hal negatif.

Ngeri sekali kan?

Namun jangan khawatir, kali ini Arsipu Word akan membagikan kepada Anda semua bagaimana tips agar website kita aman dari serangan hacker.

Pertama, Jangan menggunakan username admin atau nama situs Anda. Karena ini akan memudahkan para hacker dalam meretas situs Anda.

Kedua, Jangan menggunakan password yang sama dengan username Anda. Ini akan sangat mudah sekali tertebak. Gunakan kombinasi huruf dan angka untuk password supaya tidak mudah di lacak menggunakan software.

Ketiga, Gantilah password Anda secara berkala. Penggantian password ini penting sekali, karena dengan merubah password Anda secara berkala akan menyulitkan hacker untuk meretasnya.

Keempat, Pasang Plugin Anti Hacker. Plugin ini akan digunakan untuk membantu Anda dalam mendeteksi apakah website Anda sedang terhack atau tidak.

Pada kesempatan ini, saya akan membahas poin terakhir yaitu “Pasang Plugin Anti Hacker” .

Jika Anda menggunakan wordpress, Anda bisa menggunakan plugin Wordfence. Plugin ini berguna untuk membantu kita dalam mendeteksi siapa saja yang sedang masuk ke website kita.

langkah pertama, download dan install plug Wordfence tersebut di situs wordpress.org atau juga bisa klik DISINI. Jangan lupa untuk mengaktifkan juga.

Jika sudah, masuk ke halaman admin website Anda dan pilih Worfdfence(lihat di gambar ya).

Pilih setting Wordfence
Pilih setting Wordfence

Anda akan dibawa ke tampilan seperti ini.

Tampilan utama wordfence
Tampilan utama wordfence

Dalam tammpilan ini hanya akan dijelaskan apa perbedaan free dan premium saja. Yang pasti premium lebih banyak fiturnya. Namun bagi kita yang penghasilan onlinenya masih minim bisa menggunakan free, seperti saya.. hahaha,

Menu utama ini merupakan menu scan, kita bisa menscan situs kita apakah ada script virus ataukah tidak. Klik pada tombol Start scan.

Start Scan
Start Scan

Sekarang website Anda masih dalam proses scanning. Data scan ini akan ditampilkan seperti ini .

Data scanning wordfence
Data scanning wordfence

 

Oke, lanjut ke proses selanjutnya..

Pada menu Wordfence, akan ada submenu  seperti ini :

Sub menu wordfence
Sub menu wordfence

Kita tidak akan bahas satu persatu karena itu membutuhkan waktu yang lama. Namun kita hanya  membahas basic dari setting plugin ini.

Masuklah ke submenu Firewall.Aktifkan perlindungan pada situs Anda.

Aktifkan proteksi wordfence
Aktifkan proteksi wordfence

Jika sudah tekan save,

Sekarang website Anda sudah terproteksi oleh wordfence. Anda bisa melihat aktifitas Failed Login di situs Anda pada halaman Dashboard.

Login failed
Login failed

Itulah bagamaina cara agar webstie atau situs kita tidak diretas oleh hacker.

Yang terpenting adalah Jagalah kerahasiaan username dan password Anda, jangan samakan username dan password Anda untuk membuat akun di website lain. Karena itu akan menjadi celah bagi seorang hacker.

Jangan lupa share dan komentarnya 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

57 − = 56