3 Tips Cara Menghemat Paket Internet

Internet memang menjadi sebuah kebutuhan di era teknologi saat ini. Di tambah dengan hadirnya smartphone yang hampir di miliki oleh para remaja di Indonesia mengakibatkan jumlah pengguna internet meningkat. Akibatnya kebutuhan akan kuota internetpun juga akan meningkat. Bagaimana cara menghemat paket kuota kita supaya tidak boros?

Kali ini Arsipu Word akan berbagi beberapa tips buat kamu yang suka internetan namun tetap hemat paket kamu.

#Matikan koneksi Internet ketika berkendara dan ketika sedang tidur

Tips pertama buat kamu yang ingin menghemat paket internet adalah matikan paket internet kamu ketika kamu sedang dalam perjalanan dan ketika kamu sedang tidur. Kenapa seperti itu? Karena disaat kita berkendara ataupun sedang tidur, kita tidak akan bisa membalas semua pesan yang masuk kepada kita. Dan ketika koneksi internet tetap aktif, maka itu akan mengurangi kuota internet kamu.. Toh nanti jawabnya juga ketika pagi, sama aja kan?

Sumber : google.com
Sumber : google.com

Bayangkan jika saat kamu dalam perjalanan dan saat tidur kamu menonaktifkan data kamu, dan bisa berhemat sekitar 5 Mb saja. Maka jika dikali dengan 1 bulan maka kamu aka hemat sebesar 150Mb. Cukup banyak kan?

#Batasi atau kurangi penggunakan Aplikasi Online kamu agar tidak menguras paket data kamu

Kebanyakan Aplikasi di android memang banyak menggunakan koneksi internet. Hampir semua aplikasi memerlukan paket data. Untuk menghemat paket kuota kamu, saya sarankan untuk membatasi aplikasi online yang berjalan di belakang layar. Contohnya saya suka bermain COC (Clash of Clans) , game ini juga menggunakan koneksi internet untuk memainkanya. Namun ketika kita sudah tidak bermain, alangkah baiknya kita berhentikan aplikasi tersebut agar tidak berjalan di belakang layar. Caranya masuk ke setting->Apps->manage Apps -> Force Stop.

stop app

Hal ini untuk mencegah pemberitahuan-pemberitahuan yang menggunakan koneksi internet dibalik layar. Jika ingin menggunakan aplikasi itu lagi, tinggal tap deh aplikasinya..

#Pakek Browser? Gunakan image low quality

Tips yang ketiga ini bisa buat anda yang suka browsing-browsing di internet.Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat paket kamu adalah mensetting browser untuk meload image dengan low quality. Jika kamu memakai Opera, kamu bisa masuk ke seeting kemudian masuk Image quality.

low quality image setting

Jika kamu browsing yang haya membutuhkan suatu informasi aja, atau sekedar facebookan setting image ini akan sangat membantu kamu dalam menghemat paket data internet kamu. Semakin kecil kualitas gambar yang di load maka semakin kecil pula jumlah data yang kita pakai.

 

Sekarang mari kita coba hitung kasar. Jika metode pertama menghasilkan hemat data sebesar 5Mb dan metode kedua berhemat 2Mb dan metode ketiga sebesar 7Mb maka kita coba kalkulasi selama sebulan. (5+2+7) x 30 = 14 x 30 = 520Mb.

Wow, banyak kan?

Gimana, Mau mencobanya??

 

Jangan lupa komentar dan sharenya 😀

 

2 thoughts on “3 Tips Cara Menghemat Paket Internet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

64 + = 66