Apa Itu Backlink? dan Apa Pengaruhnya?

Backlink, backlink dan backlink. Mungkin itu kata yang sering kita dengan ketika membaca artikel seputar SEO. Banyak yang berkata bahwa semakin banyak backlink yang menuju blog kita, maka semakin naik pula posisi rangking kita di search engine seperti Google. Sebenarnya Apa sih backlink itu?

Backlink berasal dari kata back dan link. Back yang berarti kembali dan link yang berarti tautan. Jadi Backlink adalah tautan kembali. wkwkwk,

Bukan bercanda tapi emang seperti itu artinya.. hehehe, Jadi backlink itu :

Backlink adalah link/tautan yang menuju ke website atau blog kita yang berasal dari situs lain.

sumber : google.com
sumber : google.com

Banyak yang bilang bahwa Backlink bisa meningkatkan SEO? Kok Bisa?

Ya bisa dong, Backlink atau sebuah link sendiri dibagi menjadi 2 yaitu dofollow dan nofollow.

Apa sih dofollow dan nofollow itu?

dofollow link adalah sebuah link dimana jika link tersebut di kunjungi maka Search Engine akan menghitung banyaknya jumlah orang/visitor yang mengunjungi link tersebut.

Sumber : google.com
Sumber : google.com

Jadi seperti ini, jika Anda menempatkan suatu dofollow link ke beberapa blog maka ketika ada orang yang mengunjungi link yang Anda tempatkan maka google akan menghitung berapa banyak orang yang mengunjungi link tersebut. Hal ini untuk menghitung agar tingkat SERP Anda di google meningkat. Itulah kenapa banyak orang yang bilang jika banyak backlink maka tingkat SEO nya juga akan meningkat.

Sumber : google.com
Sumber : google.com

Untuk menuliskan link dofollow Anda bisa menggunakan :

<a href="ALAMATBLOGAnda" rel="dofollow">Nama Link</a>

atau

<a href="ALAMATBLOGAnda">Nama Link</a>

Kedua link diatas sama hasilnya yaitu link dofollow.

Terus apa itu nofollow?

nofollow link adalah sebuah link dimana jika link tersebut dikunjungi maka Search Engine akan mengabaikan jumlah pengunjung dari link tersebut.

nofollow ini merupakan kebalikan dari dofollow. Jika dofollow Search Engine akan membaca berapa banyak link tersebut di kunjungi maka nofollow bersifat sebaliknya.

Jika Anda menggunakan link nofollow meskipun banyak yang mengunjungi backlink Anda, itu tidak akan berpengaruh terhadap page rank Anda di Search Engine.

Untuk meuliskan link nofollow Anda bisa menggunakan :

<a href="ALAMATBLOGAnda" rel="nofollow">Nama Link</a>

Lalu bagaimana cara kita mendapatkan backlink?

Ada beberapa cara untuk mendapatkan backlink. Diantaranya yang bisa dilakukan :

  1. Komentar di Blog.

    Berkomentar di blog merupakan hal yang bisa kita lakukan untuk membangun sebuah backlink.Jangan lupa sertakan juga link Anda di komentar tersebut. Namun, berkomentarlah yang baik agar tidak dianggap spam.

  2. Membuat thread di forum

    Cara kedua yang bisa kita lakukan untuk membangun backlink adalah dengan membuat thread di forum-forum.Buatlah sebuah thread kemudian sertakan juga link yang mengarah ke blog Anda.

  3. Blog bayangan

    Blog bayangan adalah sebuah blog yang dibuat khusus untuk mengarahkan link ke blog utama Anda. Blog bayangan ini harus sudah terindex mesin pencari. Sisipkan Link ke blog utama Anda di tengah-tengah artikelnya.

  4. Tukar Link

    Jika Anda mempunyai banyak teman blogger, Anda bisa tukeran link antar blog bersama teman Anda. Link tersebut bisa di sisipkan pada salah satu artikel yang akan di terbitkan.

 

Itulah pengertian dari backlink, pengaruhnya terhadap SEO dan bagaimana mendapatkanya. Ingin mendapatkan backlink? Komentarlah dibawah ini šŸ˜€

 

11 thoughts on “Apa Itu Backlink? dan Apa Pengaruhnya?

  1. Nampaknya DoFollow dan nofollow backlink SDH berganti paradigmanya gan seiring dengan hilangnya pengaruh google pagerank….karena saat ini otoritaslah yang berperan….DoFollow &nofollow backlink hanya berperan sebagai peningkat pagemetric sebelum menjadi DA PA….akan tetapi DoFollow yang terlalu banyak dapat mengakibatkan penalti dari si Mbah…..
    Maaf,cm sekedar sharing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 − = 17