Mengatasi WordPress Blank Putih dengan Cepat dan Pasti!

Saya punya website dengan wordpress tapi ketika saya buka tampilanya blank putih, gimana cara memperbaikinya?

Pertanyaan seperti itu sering saya dengar dari pemilik website dengan cms wordpress pada website mereka. Sering kali mereka bingung, waduh gimana website saya tidak bisa kebuka? Bagaimana jika data-data postingan saya hilang? 

Jika Anda mengalami hal yang sama, janganlah panik dan jangan bingung. Data Anda tidak hilang dan masih aman. Website anda pun juga masih bisa diperbaki. Bagaimana caranya? Mari kita tengok langkah-langkah dibawah ini!

Ada berbagai penyebab wordpress Anda menjadi blank, bisa karena virus, bisa karena plugin, bisa karena tema dll. Disini saya simpulkan menjadi 3 hal penyebab mengapa website wordpress Anda menjadi blank dan cara mengatasinya.

1.Plugin yang tidak kompatibel/tidak cocok

Salah satu penyebab kenapa wordpress Anda bisa blank adalah Anda menginstall sebuah plugin kemudian Anda mengaktifkan plugin tersebut. Dan ternyata, plugin tersebut tidak kompatibel dengan versi wordpress Anda.

Cara mengatasinya silahkan Anda masuk ke cpanel -> file manager dan pilih public_html kemudian cari dimana folder anda menginstall wordpress. Masuk ke wp-content kemudian pilih plugins seperti gambar dibawah ini.

Plugin folder
Plugin folder

Dan rubah menjadi plugins_old

Rename to plugis_old
Rename to plugis_old

Reload halaman website Anda, dan jika sudah bisa masuklah ke halaman admin. Kemudian masuk ke plugin, kembali ke file manager dan rename kembali plugins_old ke plugins.Jika sudah kembali ke halaman plugin di admin dan nonaktifkan plugin yang bermasalah.

Rename folder plugins ini digunakan untuk menonaktifkan semua plugin pada wordpress.

2.Masalah Pada Tema

Masalah kedua yang sering menyebabkan tampilan wordpress menjadi blank adalah masalah pada tema. Masalah ini biasanya timbul akibat upgrade tema yang kurang lengkap serta adanya virus yang merusak script tema tersebut. Untuk mengatasinya, silahkan masuk ke file manager cpanel dan masuk ke wp-content->themes.

Masuk ke folder themes
Masuk ke folder themes

Kemudian rename tema yang aktif menjadi namatema_old. Contohnya saya menggunakan tema corpobox-lite maka akan saya rename menjadi corpobox-lite_old.

Rename tema
Rename tema

 

Hasil dari rename
Hasil dari rename

Silahkan reload halaman website Anda. Jika sudah bisa diakses, Hapus folder yang kita rename tadi dan masuk ke halaman admin website Anda kemudian isntall tema baru.

 

3.Core script hilang atau rusak

Masalah yang terakhir adalah masalah pada script core dari wordpress itu sendiri. Biasanya script tersebut rusak,terhapus oleh virus, atau update tetapi koneksi internet terputus. Hal itu bisa menyebabkan wordpress menjadi blank.

Untuk mengatasinya, Anda harus menginstall ulang script pada wp-admin dan wp-inlclude dengan script wordpress yang masih baru. Pertama Anda harus download dulu script wordpress nya di wordpress.org.

Setelah di dowload, Ekstrak wordpress script Anda kemudian zip pada folder wp-admin dan wp-inlcude. Kemudian ganti folder wp-admin dan wp-include pada file manager cpanel Anda dengan script yang baru dengan cara menguploadnya.

Ganti script wp-admin dan wp-include
Ganti script wp-admin dan wp-include

 

Jika ingin langkah lebih lengkap, silahkan lihat video dibawah ini.

3 thoughts on “Mengatasi WordPress Blank Putih dengan Cepat dan Pasti!

  1. Mas, saya lagi mengalami masalah blog wordpress blank, namun kalau di lihat sambil masuk di halaman admin nggak blank, dan bisa di akses, tetapi kalau sudah keluar dari dasbor admin, pada halaman homepage blank putih, kalau halaman artikel enggak mas. Kenapa ya seperti itu mas ? Untuk domain saya dutaserviceac(.)com mas, mohon bantuannya mas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

41 − 40 =