Membuat Password pada Microsoft Word dalam 1 Menit!

Bagi sebagian orang, data atau file merupakan sesuatu yang penting. Terkadang kita perlu membuat password untuk file tersebut. File tersebut bisa berupa gambar, music,video dll.

Kali ini Arsipu Word akan berbagi kepada Anda bagaimana cara membuat password di Microsft Word Hanya dalam 1 Menit!! Bahkan bisa kurang! Tidak memerlukan tool atau software khusus, hanya butuh sedikit trik saja yang mungkin Anda belum tahu.

Langsung saja, kita bahas..

1.Siapkan file Ms Word

Pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan file yang akan Anda proteksi. File tersebut bisa berupa file baru atau file lama yang akan kita proteksi dengan password.

Dibawah ini, file sudah saya siapkan dengan isi ‘ini contoh tulisan’ hehehe,  hanya sekedar contoh ya..

File Ms.Word
File Ms.Word

Jika sudah, lanjut ke Step 2 ya guys! 😀

2.Save/Save As file Ms.Word

Selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menyimpan file Ms.Word Anda agar bisa di proteksi. Jika dokumen yang Anda buat adalah dokumen lama maka lakukanlah save as namun jika dokumenya baru, maka gunakanlah save.  Untuk melakukanya Anda bisa klik Icon Windows pada pojok kiri atas, kemudian pilih Save As.

Save As Dokumen
Save As Dokumen

Sudah dilakukan? Mari ke step berikutnya!

3.Tentukan Lokasi Penyimpanan dan Set Password

Langkah selanjutnya, adalah tentukan lokasi penyimpanan file Anda serta beri nama file tersebut. Contohnya pada gambar dibawah ini saya beri nama “Ini Contoh Tulisan” untuk nama filenya. Jika sudah, klik tool dan pilih General Option (lihat gambar).

Beri nama file
Beri nama file

Maka akan muncul tampilan password untuk dokumen kita.

Set Password
Set Password

Masukkan password yang akan  digunakan untuk proteksi dokumen Anda. Jika sudah, klik OK. Maka akan muncul konfirmasi password yang telah Anda masukkan tadi. Masukkanlah password yang sama dengan yang Anda masukkan sebelumnya.

Verifikasi Password
Verifikasi Password

Klik OK, Jika sudah. Kemudian save file Ms.Word Anda.

Save Dokumen
Save Dokumen

4.Buka File yang telah disimpan

Langkah terakhir, yang akan kita lakukan adalah melihat apakah file yang telah kita simpan sebelumnya sudah terproteksi atau belum.

Buka file Anda dimana file tadi tersimpan. Jika sudah dibuka dan berhasil, akan muncul password pada saat Anda membukanya.

Password pada saat dibuka
Password pada saat file dibuka

Masukkan password yang tadi telah di set dan jika benar maka Anda akan masuk dan bisa membuka file Anda.

File terbuka
File terbuka

Selesai!! 😀 Jika Anda sudah hafal dan melakukanya ulang, Anda bisa melakukanya dengan cepat bahkan kurang dari 1 Menit!! 😀

Masih Bingung? Coba lihat video berikut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

69 − 66 =