Aplikasi Untuk Mengatasi Bintik Hitam/Warna di Layar Handphone

Apakah layar LCD Anda ada semacam bintik yang mempunyai warna dan tidak mau berubah? jika iya, maka Anda harus melanjutkan membaca artikel ini. Jika tidak, Anda juga masih boleh membacanya supaya nggk penasaran.. hehehe,

Ada 2 macam bintik yang merupakan suatu kelainan di layar LCD, yang pertama disebut stuck pixel da yang kedua disebut dead pixel.

Stuck pixel ditandai dengan adanya bintik yang mempunyai warna dasat seperti merah, biru, dan hijau dan tidak mau menjadi warna lain. Sedangkan dead pixel ditandai dengan titik berwarna hitam yang berada pada layar LCD handphone.

Untuk stuck pixel ini biasanya masih bisa diatasi, karena LED pada layar LCD handphone masih nyala/hidup. Sedangkan dead pixel, itu sudah tidak bisa ditangani karena LED dalam layar sudah mati.

Stuck pixel, itu dikarenakan LED di layar LCD lambat atau malas dalam menyesuaikan warna. Hal ini pada beberapa kasus bisa ditangani, tergantung dari kondisi masalahnya. Terus, aplikasi apa yang bisa digunakan untuk mengatasi stuck pixel?

Anda bisa coba aplikasi “Dead Pixel Detect and Fix”. Aplikasi ini hanya untuk pengguna Android. Anda bosa mendownloadnya melalui playstore disini.

Dead pixel app image
Dead pixel app

Cara menggunakanya pun juga cukup simpel. Pertama, buka aplikasinya setelah Anda install. Maka akan menemukan tampilan seperti ini.

Tampilan dead pixel app image
Tampilan dead pixel app

Pertama, Anda harus setting dulu aplikasinya. Tap/sentuh pada Setting, kemudian pilih jeda waktu antar warna yang paling cepat. Disini kita bisa menggunakan 0,1 detik. Jadi dalam 1 detik akan ada perpindahan warna sebanyak 10 warna.

Setting app image
Setting app

Jika sudah, silahkan tap/sentuh pada Fix it!! Jangan lihat HP Anda ketika proses ini berlangsung, karena akan merusak mata dan membuat Anda menjadi pusing dikarenakan aplikasi ini bekerja dengan mengganti warna layar secara cepat.

Aplikasi bekerja image
Aplikasi bekerja

Aplikasi ini bekerja dengan cara merubah warna secara cepat, hal ini untuk membantu mengembalikan refleksi gerak warna pada LED yang mengalami stuck pixel. Diamkan layar HP Anda dalam keadaan seperti ini sekitar 20 sampai 30 menit untuk mengatasi stuck pixel ini.

Sebenarnya, tujuan dari aplikasi ini adalah untuk mendeteksi apakah layar kita terdapat dead pixel ataukah tidak. Namun cara ini juga bisa dipakai untuk mengatasi layar yang sedang mengalami stuck pixel.

Jika Anda tidak berhasil menggunakan cara ini, kemungkinan LED warna layar LCD HP Anda memang sudah mati sehingga dia tidak bisa berganti warna atau bisa juga terjadi konsleting internal karena tertekan atau jatuh.

Itulah, aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi layar LCD Anda yang mengalami stuck pixel.

Terima kasih telah berkunjung šŸ™‚

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 9 = 1