5 Tips Mudah Menghemat Uang Saku Buat Mahasiswa

Masa-masa sekolah adalah masa dimana kita mempunyai uang yang serba pas-pasan. Namanya juga belum bekerja, tentu kita hanya mengandalkan uang saku dari hasil pemberian orang tua kita. Apalagi kebanyakan mahasiswa diberikan uang saku bulanan. Tentu hal ini harus kita pikirkan matang-matang dalam penggunaanya supaya uangnya cukup bahkan bisa sisa dan ditabung untuk keperluan lain.

Untuk itu, hari ini Arsipu Word bakal bagikan kepada kamu semua sedikit tips bagaimana menghemat uang saku bulananmu agar tidak kekurangan bahkan bisa lebih agar bisa ditabung.

Langsung saja ke tips pertama!

1. Buatlah Rencana Belanja

Membuat perencanaan belanja

Salah satu penyebab borosnya pengeluaran mahasiswa adalah kesalahan belanja. Banyak para mahasiswa menghabiskan hampir setengah dari uang bulananya diawal dia menerima. Hal ini tidak sepenuhnya salah, jika yang dibelanjakan memang yang dibutuhkan.

Mulai sekarang, buatlah rencana belanja untuk diri kamu sendiri. Kamu bisa memilah-milah mana yang benar-benar butuh dan mana yang hanya sekedar penunjang. Utamakan kebutuhan pokok kamu terlebih dahulu seperti makanan, dan perlengkapan mandi seperti sabun dll.

 

2. Masak Sendiri/Bawa Bekal lebih Hemat

bawa bekal

Jika kamu kuliah jauh dari rumah dan kamu haru kos, maka sebaiknya kamu membeli sebuah magicom untuk memasak nasi agar pengeluaran kamu bisa terminimalisir. Jangan sering-sering makan di luar, disamping uang saku kamu pas-pasan masak sendiri membuat pengeluaran kamu lebih hemat meskipun hanya memasak nasi saja dan lauknya beli. Saya sendiri sering melakukan ini sampai sekarang, karena posisi saya yang jauh dari orang tua.

Bagi kamu yang kuliah masih dekat dengan rumah orang tua kamu, usahakan membawa bekal untuk makan siang kamu.Dengan begini, kamu tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk makan siang dan uangnya bisa dipakai untuk keperluan lain.

3. Usahakan Sarapan dan Membawa Minuman dari Rumah

sarapan pagi

Nah, satu ini sering di lalaikan oleh sebagian besar mahasiswa. Mereka enggan sarapan pagi, padahal dengan sarapan pagi ini akan menjaga perut kita tetap kenyang dan menahan godaan ingin jajan di pagi hari. Minuman juga demikian, selama kita kuliah kita akan menghabiskan waktu lebih dari 5 jam pasti dong merasakan haus? Untuk itu, dengan membawa minuman dari rumah maka kamu bisa menghemat untuk membeli minuman. Toh juga cuman sebotol aja bawanya nggk ribet.

Jika kamu anak kos, usahakan untuk menggunakan galon di kos kamu agar lebih hemat untuk membeli air mineral. Kamu bisa patungan dengan teman kamu sekamar. Untuk ke kampus, gunakan botol kecil untuk membawa air mineral.

4. Hindari Laundry dan Mulailah Mencuci Sendiri Pakaian Kamu.

mencuci sendiri

Dulu, sewaktu saya masih ngekos saya selalu menggunakan cara ini untuk meghemat uang saku saya. Bagi saya mencuci di laundry itu termasuk mahal kala itu. Gimana tidak, kita dikasih uang pas pasan dan akan kita gunakan untuk laundry sekitar 8 – 10rb. Jika uang itu kita belikan detergen untuk mencuci kita bisa mencuci lebih dari 5 kali dengan biaya segitu. yang kita butuhkan adalah sedikit kemauan dan tenaga.

 

5. Mulailah Mencari Pekerjaan Lepas/Freelanch

cari job freelanch

Jika kamu sudah bisa menjalani ke empat cara sebelumnya, sekarang saatnya kamu memikirkan bagaimana agar uang saku yang kamu punya bisa di tabung bahkan ditambah nominalnya. Di zaman modern seperti ini, untuk mencari pekerjaan lepas untuk mahasiswa tidak terlalu sulit. Internet sudah menyediakan, salah satunya pada artikel yang saya tulis cara mendapatkan income dari internet.

Kamu tinggal memilih apa bakat yang kamu miliki. Ada lowongan, lamar dan kerjakan. Ada banyak pekerjaan disana seperti menulis, edit foto, entry data, membuat logo dll. Jika kamu cermat dan rajin, kamu akan mendapatkan banyak pundi-pundi rupiah dari sana.

 

Itukah 5 tips bagaimana menghemat uang saku untuk kamu yang masih mahasiswa. Sudahkah kamu melakukanya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

65 − = 64