Pengertian Bisnis, Produk dan Konsumen

Bisnis adalah suatu kegiatan menghasilkan barang/jasa untuk mendapatkan keuntungan. Namun, beberapa bentuk bisnis tidaklah memproduksi atau menghasilkan barang/jasa melainkan hanya menjual kembali suatu produk kepada para konsumen untuk mendapatkan keuntungan.Jadi dapat disimpulkan bahwa :

Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok yang menjual atau memproduksi barang/jasa dengan tujuan mendapatkan keuntungan.

Suatu Bisnis bisa dimiliki oleh Pemerintah dan Swasta.Keuntungan bisnis yang dimiliki oelh pemerintah digunakan untuk kemajuan negara yang bersagkutan.Sedangkan bisnis yang dimiliki oleh swasta keuntunganya digunakan untuk meningkatkan kemakmuran pemiliknya(owner). Bisnis yang dimiliki oleh pemerintah biasanya merupakan bisnis yang menangani barang/layanan untuk memenuhi kebutuhan orang banyak. Seperti listrik, air, transportasi dll.

Sumber : google.com
Sumber : google.com

Dalam kegiatan berbisnis, pasti tidak akan lepas dengan yang namanya produk.Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan Produk?

Produk adalah sebuah barang atau layanan yang memberikan manfaat dan kepuasan.

Pada dasarnya ketika kita membeli suatu barang, yang kita beli adalah manfaatnya bukan barang/layanannya. Contohnya ketika kita membeli shampo anti ketombe, yang kita beli sebenarnya bukan shamponya melainkan adalah fungsi shampo tersebut yang bisa menghilangkan ketombe di kepala kita. Andai kata shampo itu bukan shampo anti ketombe, tentu kita tidak akan membelinya karena tidak ada manfaat untuk kita. Untuk itulah suatu produk harus memililiki manfaat dan memberikan kepuasan.

Sumber : google.com
Sumber : google.com

Dalam era digital seperti ini banyak bermunculan produk digital yaitu suatu produk yang digunakan untuk komputer. Seperti software, anti virus dan beberapa produk seperti desain gambar.Jika Anda memiliki keahlian dalam membuat suatu desain, Anda bisa membaca salah satu artikel yang pernah di tulis Mendapatkan uang dari gambar desain.

Dalam dunia bisnis sering kita dengar dengan penjual dan pembeli. Penjual adalah orang yang menjual barang/layanan. Penjual ini lah yang sering disebut dengan pebisnis/pengusaha.

Pembeli/Konsumen adalah orang yang menggunakan barang dan jasa.

Tanpa konsumen, bisnis tidak akan berjalan karena konsumen lah sumber keuntungan dari sebuah bisnis.Oleh karena itu kepuasan konsumen menjadi salah satu indikator kesusksesan sebuah kegiatan bisnis.Karena konsumen inilah merupakan sumber keuntungan dari bisnis, karena itulah suatu bisnis haru mampu menyesuaiakan produk/layanan yang dihasilkan dengan kebutuhan konsumen.

Sumber : google.com
Sumber : google.com

Itulah beberapa pengertian dari bisnis, produk dan konsumen dengan pengertian yang sederhana.Jika Anda memiliki kendala dalam modal untuk berbisnis, Anda bisa memulai bisnis dengan modal yang kecil seperti yang telah di tulis dalam Bisnis dengan modal kecil atau jika Anda ingin memulai bisnis online Anda bisa membaca : Bisnis Online untuk orang Gaptek.

Jika ada tambahan tambahan atau sanggahan dari pengertian diatas, silahkan tulis di komentar dengan bahasa yang baik dan sopan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

64 − 63 =