Sayangnya Google Play Store telah Berhenti selalu muncul? Lakukan cara ini!!

Apakah play store Anda mengalami masalah? Yaitu tiba-tiba play store telah berhenti? Ada juga masalah ketika kita download sebuah aplikasi muncul pesan error? Ataukah play store tidak bisa dibuka?  Jika Anda punya masalah seperti yang disebutkan diatas, kami memiliki solusi yang mungkin bisa dicoba untuk mengatasi masalah tersebut. Ikuti langkah-langkah dibawah ini. Jika HP Anda masih baru coba lakukan beberapa setting pada android pada artikel Cara setting android baru.

Periksa Pengaturan Tanggal dan Waktu

Pengaturan Tanngal dan Waktu

Google memeriksa Tanggal dan waktu pada Android Anda  untuk Play store.Jika Aplikasi Play Store tidak bisa menemukan waktu tersebut atau waktu tersebut tidak sesuai, maka kan menyebabkan beberapa masalah. Server google tidak bisa mensinkronkan waktu dengan perangkat Android Anda sehingga Play Store Anda tidak bisa bekerja.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa membuka Pengaturan pada Android Anda.Kemudian pilih pengaturan Tanggal dan Waktu.Anda akan melihat pengaturan Tanggal dan Waktu otomatis, centang pada pengaturan tersebut maka tanggal dan waktu akan otomatis terbarui oleh jaringan operator.

Namun, jika pengaturan otomatis tapi Playstore Anda masih tetap tidak bekerja, Anda harus melaukan pengaturan waktu manual. Yaitu Hilangkan centang pada pengaturan waktu otomatis diatas, kemudian atur tanggal dan waktu sesuai waktu sekarang.Masih tetap tidak bekerja juga? Tenang, masih ada solusi lain dibawah.

Bersihkan cache Google Playstore

hapus-cache-google-play-store

Pada beberapa permasalahan Anda bisa menggunakan Google Play Store kembali dengan membersihkan cache. Cache adalah media penyimpaan sementara yang berisi data-data yang disimpan tanpa perlu memuat ulang.Dengan mengosongkan cache pad Play Store mungkin bisa mengatasi masalah Anda.

Caranya masuk ke Pengaturan kemudian pilih ke Aplikasi manajer kemudian cari Aplikasi Google Play Store, kemudian hapus cache nya dengan sentuh pada tombol Hapus Memory.Jika Anda sudah melakukanya sekarang coba buka kembali Play Store Anda.

Hapus Data Pada Plastore

hapus-data-play-store

Ada kemungkinan Play Store tiba-tiba berhenti dikarenakan data yang telah di simpan dalam Playstore terlalu besar sehingga membuat aplikasi menjadi berat. Untuk itu, disarankan untuk menghapus data Play Store Anda agar aplikasi menjadi baru seperti pertama kali digunakan.

Yang perlu di ingat bahwa menghapus data ini akan menhilangkan semua file, pengaturan dan data yang ada di Play Store Anda.Namun, semuanya akan kembali ketika Anda login menggunakan akun Anda kembali

Untuk mengapus data, selahkan Anda menuju ke Setting -> Manajer Aplikasi , cari playstore dan sentuh/tap hapus data. Jika sudah, silahkan coba buka Play Storenya lagi, apakah sudah normal atau masih bermasalah.

Reset Akun Google Anda

hapus-akun-google

Jika masalah pada Play Store Anda masih belum selesai juga, cobalah untuk mereset kembali akun google Anda. Artinya, kita akan me-reset akun untuk Google Play Store pada Android Ada. Cara melakukanya cukup mudah, yaitu masuk ke Setting, kemudian pilih akun. Cari akun google Anda kemudian Remove.

Jika sudah, buka kembali Play Store Anda maka aka diminta untuk memasukkan akun goole Anda kembali.Masukkan alamat email dan passwordnya secara benar dan sekarang Play Store Anda telah kembali Normal.

Matikan VPN

vpn-android

Jika Anda suka menggunakan VPN, maka hal ini bisa mengakibatkan kesalahan dalam menentukan lokasi pada Play Store. Akibatnya, Play Store Anda akan bermasalah. Jika Anda sedanf menggunakan VPN, matikan VPN Anda dan coba ulang, apakah Play Store Anda telah berjalan sempurna lagi.

Aktifkan Download Manajer

download-manager-android

Beberapa oenyebeb dari Play Store berhenti salah satunya adalah download manajer (unduhan) yang non aktif.Jika ini terjadi, solusinya sangat mudah sekali.

Silahkan Anda buka Pengaturan, kemudian Manajer Aplikasi pilih semua aplikasi dan cari aplikasi “Unduhan”. Buka Aplikasinya, Jika Aplikasi itu non aktif, silahkan tap pada enable(dalam bahasa Indonesia memungkinkan).

Uninstall Update

hapus-instalan-pembaruan-play-store

Secara umum kita dapat mengatasi masalah ini dengan uninstall aplikasi, kemudian install lagi. Namun, untuk Play Store, kita tidak bisa untuk Uninstall, karena merupakan bawaan dari sistem android. Yang bisa kita lakukan adalah menghapus update terkahir dari Play Store kita.

Pertama, pergi ke Pengaturan, kemudian pilih Manajer Aplikasi dan cari Play Store.Kemudian pilih Hapus Instalan pembaruan. Ini akan menghapus pembaruan yang telah di Install. Kemudian coba buka Play Store Anda kembali.

Reset ke Pabrikan

reset-android

Langkah terakhir jika Play Store masih bermasalah, yang bisa kita lakukan adalah mengembalikan HP kita ke pabrikan Awal. Ini langkah yang paling terkahir, karena dengan langkah ini semua data yang di simpan di Android Anda akan hilang, termasuk game dan aplikasi. Jika data yang di simpan di memori eksternal tidak akan hilang.

Backup dahlu sebelum Anda memulainya, silahkan backup terlebih dahulu data-data penting Anda. Jika sudah siap silahkan mulai untuk reset HP Anda.Caranya pergi ke Pengaturan, kemudian pilih Cadangkan dan Reset, kemudian Reset data Pabrik. Tunggu hingga proses selesai dan Android Anda akan kembali normal.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 3 = 5