Cara menggunakan mesin cuci 1 tabung otomatis

Tuntutan kerja bagi Ibu rumah tangga sekarang ini bukan semata mengurus rumah dan anak saja. Banyak ibu rumah tangga yang juga menjadi wanita sukses dalam pekerjaan. Tidak sedikit wanita yang memiliki jam kerja dan karier yang lebih menantang dibandingkan pria. Bagi wanita karier yang juga berperan sebagai ibu rumah tangga, tentunya harus bisa memanfaatkan waktu secara efisien. Untungnya dengan pesatnya perkembangan teknologi dalam dekade terakhir, hal ini bisa diatasi. Adanya perkembangan teknologi memungkinkan pekerjaan rumah tangga dapat diselesaikan dengan cepat dan tidak membutuhkan tenaga yang besar. Salah satu pekerjaan rumah tangga yang cukup menyita waktu dan tenaga adalah mencuci pakaian.

Bagi anda wanita karier yang tidak memiliki banyak waktu untuk mencuci, mesin cuci otomatis bisa menjadi pilihan. Mesin cuci otomatis banyak dipilih karena penggunaannya yang mudah. Mesin cuci ini biasanya memiliki 1 tabung dibagian atas (top-load) atau bagian depan (frontload).

Mesin cuci Top Load dan Front Load

Mesin cuci 1 tabung otomatis mempunyai kelebihan dibandingkan mesin cuci 2 tabung. Seperti namanya, mesin cuci ini secara otomatis dapat menjalankan siklus pencucian dan pengeringan, termasuk mengisi dan membuang air. Hebat bukan? Penggunaannya juga sangat mudah. Cara menggunakan mesin cuci 1 tabung otomatis adalah sebagai berikut:

  1. Memasukkan Pakaian Kotor kedalam Tabung

Langkah pertama, masukan pakaian kotor kedalam tabung mesin cuci. Tutup tabung biasanya ada diatas atau dibagian depan mesin cuci, tergantung dari jenisnya. Mesin cuci top-load bagian tutupnya ada diatas sedangkan mesin cuci front-load berada didepan.

Memasukkan pakaian ke mesin cuci

Beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum mulai mencuci, sebagai berikut:

  • pastikan pakaian yang mudah luntur sudah dipisahkan terlebih dahulu. Anda tidak mau pakaian favorit terkena noda luntur kan?
  • Pisahkan pakaian warna gelap dan warna putih – Pakaian warna gelap dan putih sebaiknya dipisah karena suhu pengeringan berbeda. Pakaian putih membutuhkan suhu yang lebih tinggi dibandingkan pakaian berwarna gelap.
  • Pastikan tidak ada logam atau barang yang bisa merusak mesin cuci
  1. Menuangkan Detergen
Memasukkan deterjen

Selanjutnya, tuangkan detergen sesuai dengan takaran kedalam wadah. Beberapa jenis mesin cuci otomatis biasanya memiliki tempat yang berbeda. Ada yang dibagian atas atau depan, tergantung jenis dan merek mesin cuci. Anda dapat memberikan detergen bubuk atau cair sesuai dengan keinginan.

  1. Mengatur Siklus Pencucian
Mengatur siklus mesin cuci

Sebelum menyalakan dan mengatur siklus pencucian, periksa steker mesin terlebih dahulu. Apabila steker mesin telah dipasang dengan benar, barulah anda bisa mengatur siklus pencucian. Siklus pencucian biasany berbeda pada masing-masing mesin cuci. Anda juga harus memperhatikan label pakaian yang dicuci. Pakaian harus dicuci sesuai dengan label pencuciannya. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas pakaian agar tetap terjaga. Setelah mengatur siklus pencucian, mesin cuci secara otomatis akan mendeteksi jumlah air dan detergen yang dibutuhkan. Cara menggunakan mesin cuci 1 tabung otomatis inilah sangat menguntungkan. Anda tidak perlu repot mengisi air dan menakar detergen seperti pada mesin cuci manual.

  1. Menutup Tutup Tabung dan Jalankan Mesin Cuci
Start pada mesin cuci

Cara menggunakan mesin cuci 1 tabung otomatis yang terakhir adalah memastikan tabung mesin cuci telah ditutup. Biasanya beberapa jenis mesin cuci tidak memulai siklus pencucian sebelum tabung ditutup.Tekan Start, dan setelah itu tinggal menunggu mesin cuci otomatis menyelesaikan tugasnya. Anda bisa mengerjakan pekerjaan rumah tangga lain atau menghabiskan waktu bersama keluarga.

Jika Anda masih kurang jelas dengan penjelasan diatas, coba lihat video di bawah ini.

–>>Mesin cuci Top Load /Tutup Atas

—>>Mesin Cuci Front Load/Tutup Depan

Demikian cara menggunakan mesin cuci 1 tabung otomatis. Sangat mudah bukan? Mesin cuci 1 tabung otomatis memang sangat efisien dan paling mudah untuk digunakan. Sayangnya jenis mesin cuci ini juga memiliki harga paling mahal. Namun dengan kemudahan yang diberikan, harga yang ditawarkan masih sangat layak. Jadi apabila anda tertarik, jangan ragu untuk membelinya.

One thought on “Cara menggunakan mesin cuci 1 tabung otomatis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 56 = 61