Cara Menggunakan Mesin Cuci 2 Tabung Terlengkap!

Keberadaan mesin cuci sangat membantu mengurangi beban kerja ibu rumah tangga. Tidak heran banyak brand elektronik berlomba-lomba mengembangkan teknologi mesin cuci. Sekarang kita mengenal banyak jenis dan merek mesin cuci. Ada mesin cuci 2 tabung, mesin cuci 1 tabung otomatis topload, dan mesin cuci 1 tabung otomatis front-load. Mesin cuci 1 tabung otomatis masih menjadi pilihan favorit dikalangan pembeli. Ini karena mesin cuci 1 tabung otomatis sangat mudah digunakan dengan sedikit campur tangan manusia. Berbeda dengan cara menggunakan mesin cuci 2 tabung yang banyak melibatkan campur tangan manusia. Meskipun demikian, bukan berarti bahwa mesin cuci 2 tabung tidak memiliki kelebihan tersendiri.

Mesin Cuci 2 Tabung

Mesin cuci 2 tabung cocok digunakan oleh keluarga dengan ekonomi menengah kebawah atau kondisi air yang tidak stabil. Jika aliran air dirumah anda lemah, sebaiknya pilih mesin cuci 2 tabung. Anda dapat mengisi air secara manual jika aliran air sedang tidak stabil. Harganya pun lebih terjangkau dibandingkan dengan mesin cuci 1 tabung otomatis.  untuk harga mesin cuci 2 tabung selengkapnya bisa dilihat DISINI.

Cara menggunakan mesin cuci 2 tabung sedikit berbeda dengan mesin cuci 1 tabung otomatis.Langkahnya sebagai berikut:

  1. Pemilihan Pakaian

Pakaian kotor yang akan dicuci harus dipilah terlebih dahulu. Tujuannya agar tidak ada pakaian yang mudah luntur tercampur dengan pakaian yang akan dicuci. Selain itu periksa juga benda benda yang mungkin ada di saku baju atau celana. Keluarkan benda benda ini terlebih dahulu agar tidak merusak mesin cuci saat proses pencucian. Terakhir pastikan cucian anda tidak melebihi kapasitas mesin cuci yang dianjurkan. Biasanya mesin cuci memiliki kapasitas 5 kg. Usahakan jangan mencuci pakaian lebih dari itu sekaligus.

  1. Memasukkan Air kedalam Tabung

Seperti namanya, mesin cuci ini memiliki 2 tabung, yaitu wash tub dan spin tub. Wash tub digunakan untuk mencuci sedangkan spin tub digunakan untuk membilas dan memeras pakaian. Pertama masukkan air melalui saluran air. Usahakan saluran air ini langsung dari tendon sehingga alirannya stabil. Jika menggunakan air PDAM dan alirannya tidak stabil, anda bisa menampung air terlebih dahulu di ember lalu dimasukkan ke wash tub. Dalam wash tub ada batas air: low, medium, dan high. Sesuaikan jumlahnya dengan pakaian kotor yang akan anda cuci. Cara menggunakan mesin cuci 2 tabung inilah yang menjadi kelebihannya. Bahkan saat aliran air tidak stabil, anda masih bisa mencuci.

  1. Memasukkan Detergen dan Pakaian Kotor

Langkah selanjutnya adalah memasukkan detergen sesuai dengan takaran. Kemudian masukan pakaian kotor. Detergen langsung dimasukkan kedalam wash tub sehingga prosesnya hampir sama seperti merendam cucian secara manual. Agar hasil cucian lebih bersih, rendam cucian selam 10-15 menit sebelum menyalakan mesiin cuci.

  1. Mengatur Waktu Pencucian

Selanjutnya, atur lama proses pencucian pakaian. Pengaturan ini didasarkan seberapa kotor pakaian anda atau jenis pakaian yang dicuci. Kemudian nyalakan tombol start. Mesin cuci akan memulai proses pencucian

  1. Memindahkan Cucian ke Spin Tub

Setelah proses pencucian selesai, putar ke posisi drain. Ini berfungsi untuk mengeluarkan air dari wash tub. Kemudian pindahkan pakaian kedalam spin tub untuk dibilas dan diperas. Spin tub dapat mengeluarkan kandungan air dari cucian sebesar 70%.

  1. Ulangi Jika Perlu

Jika masih belum yakin dengan hasil bilasan cucian, anda bisa memasukkan kembali kedalam wash tub. Disini anda bisa menambahkan pewangi atau pelembut pakaian. Atur untuk waktu singkat sekitar 3-5 menit. Lalu keringkan dalam spin tub kembali. Setelah itu cucian dapat dijemur.

Lebih lengkapnya simak video berikut ini. 🙂

Demikian cara menggunakan mesin cuci 2 tabung secara singkat. Perlu diingat bahwa pemilihan jenis mesin cuci bukan hanya dari kemudahannya saja, namun lihat juga kondisi ekonomi dan rumah. Untuk golongan menengah kebawah, mesin cuci 2 tabung cocok untuk meringankan beban kerja dengan harga yang relatif terjangkau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 7 = 2