Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Besarnya jumlah pengguna internet di Indonesia menciptakan peluang bisnis yang besar pula. Pemilik bisnis online mulai meningkat jumlahnya setiap tahun. Menariknya, peluang bisnis online terbuka bagi siapa saja, tua atau muda, kaya atau pun miskin, semuanya memiliki peluang kesuksesan yang sama. Banyak remaja yang masih duduk dibangku sekolah namun telah memiliki penghasilan hingga jutaan rupiah setiap bulannya. Tentunya ini menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi dengan banyaknya tingkat pengangguran di Indonesia.

Baca juga : 3 Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal dengan Pasti!

Apabila tertarik memiliki bisnis online sendiri, simak cara memulai bisnis online dari nol berikut:

Membuat blog, website atau akun e-commerce

Inti dari bisnis online adalah menawarkan produk atau jasa kepada pengguna internet. Oleh karena itu usahakan memiliki blog. Blog dapat dibuat secara gratis. Cara membuat blog juga cukup mudah. Ada banyak sekali tutorial di internet yang bisa dipelajari. Bahkan ada video step by step untuk membuat blog. Jika memiliki modal, anda dapat meminta bantuan jasa membuat website sekaligus mendesainnya. Apabila tidak bisa, daftarkan ke e-commerce atau akun lain tergantung jenis produk atau jasa yang anda tawarkan.

Video ini menjelaskan bagaimana membuat blog secara lengkap :

Atau Anda bisa membaca artikelnya : Cara membuat Blog

Produk atau Jasa

Cara memulai bisnis online dari nol selanjutnya adalah menentukan produk apa yang ingin anda jual. Bukan hanya produk berupa barang, and juga bisa menawarkan jasa atau service tertentu. Jasa yang ditawarkan bisa bermacam macam. Contohnya tutorial aplikasi tertentu, tutorial membuat website, membuat masakan, pembuatan aransemen musik dan sebagainya. Ini semua bisa anda jual melalui internet. Apabila tidak ada modal, bisa menjadi reseller atau dropship produk milik penjual lain. Jika blog anda memiliki traffic yang bagus, cobalah memasang iklan adsense. Anda bisa mendapatkan komisi dari banyaknya iklan yang di-klik pengunjung blog anda.

Untuk beberapa tips memilih produk, silahkan simak video berikut ini :

Menentukan Harga dan Promosi

Bukan hanya anda yang menjual barang atau jasa melalui bisnis online. Oleh karena itu pintar pintar lah menarik perhatian dari calon pembeli. Sebelum menentukan harga barang, lakukanlah riset terlebih dahulu. Bandingkan harga harga yang ditawarkan penjual lain lalu pilihlah dalam rentang harga tersebut. Promosi seperti diskon atau gratis barang untuk pembelian tertentu juga dapat diterapkan untuk menarik pembeli. Berikan juga promosi promosi unik setiap bulan atau minggu sehingga semakin banyak orang yang mengunjungi website anda.

Sebar Luaskan Melalui Sosial Media

Sosial media dapat digunakan sebagai media iklan dan promosi. Bagikan link tautan barang atau jasa yang anda jual pada beberapa media sosial seperti facebook, youtube, Instagram, twitter dan sebagainya. Sosial media dapat menjangkau orang orang bahkan ditempat yang sangat jauh. Semakin banyak orang yang dijangkau iklan ini, maka makin besar kesempatan produk anda untuk dibeli. Ini adalah salah satu cara memulai bisnis online yang sangat penting.

Jaga Komunikasi dengan Pembeli

Hal penting yang tidak boleh dilupakan adalah menjaga komunikasi dengan pembeli. Dalam bisnis online satu rekomendasi dan satu kritik membawa dampak yang sangat besar. Rekomendasi yang bagus dapt membawa pembeli yang baru namun kritik dan keluhan dapat membuat calon pembeli enggan membeli produk kita. Ini dapat menyebabkan meningkatnya popularitas atau justru menurunkan reputasi bisnis anda. Oleh karena itu sering sering menggunakan aplikasi chat atau obrolan dengan pembeli secara maksimal. Respon yang cepat juga mempengaruhi pembeli untuk melakukan transaksi atau tidak.

Demikian uraian cara memulai bisnis online dari nol secara singkat. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Bisnis Online Tanpa Modal dan Terbukti Membayar 100%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 + 1 =