Cara Memulai Bisnis Online Shop dari Awal

Siapa yang tidak tahu online shopping? Hampir semua orang pernah melakukan online shopping walaupun cuma sekali. Bukan hanya menawarkan kemudahan dalam bertransaksi, barang yang ditawarkan pun bermacam macam. Bahkan barang yang ada di pulau atau negara lain bisa didapatkan dengan sekali klik. Ditambah lagi dengan banyaknya promo, diskon, dan penawaran penawaran lain yang hanya didapatkan. Tidak heran peminat online shopping sangat banyak. Bukan hanya pembeli, masyarakat pun mulai sadar peluang usaha memanfaatkan bisnis online hasilnya sangat menguntungkan. Berkat internet, pemasaran produk lebih mudah. Bahkan ada yang tidak perlu stok barang, hanya menyediakan foto dan gambarnya saja. Bagi yang tertarik menekuni bisnis online, ini dia cara memulai bisnis online shop

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

  1. Tentukan Barang atau Jasa

Cara memulai bisnis online shop yang utama adalah menentukan jenis barang/jasa apa yang akan dijual. Dengan menentukan barang atau jasa apa yang ingin ditawarkan, promosi produk akan lebih mudah. Jangan asal mengikuti bisnis orang lain. Bisnis online shop ini adalah milik anda jadi buatlah seunik mungkin. Apabila mengambil barang dari orang lain atau menggunakan sistem dropship, pastikan kualitas barang yang dijual baik. Begitu juga dengan kualitas pelayanan apabila menawarkan jasa. Kualitas yang buruk akan mendatangkan review yang buruk. Akibatnya calon pembeli lain mungkin akan mengurungkan niat untuk membeli produk anda.

  1. Membuat Katalog dan Deskripsi Barang

Daya trik utama dalam online shopping adalah mudahnya memilih barang yang dijual. Bagaimana pembeli mengetahui barang apa yang dijual? Tentu saja melalui foto atau katalog barang. Oleh karena itu, gunakan gambar yang berkualitas baik. Jika foto yang ditampilkan dalam promosi anda tidak menarik, bagaimana orang akan tertarik untuk membelinya? Pastikan untuk menggunakan foto dengan kualitas baik, sesuai dengan warna asli dan memiliki kode yang jelas. Anda juga bisa menambahkan keterangan deskripsi produk untuk memudahkan pembeli membayangkan kualitas produk. Deskripsi produk juga membuat waktu lebih efisien karena calon pembeli tidak akan menanyakan bagaimana kualitas produk.

Berikut ini bisa Anda jadikan rujukan untuk panduan membuat aktalog produk.

  1. Buat Media Promosi dan Iklan

Semua bentuk jual beli tidak akan lepas dari iklan dan promosi. Bukan rahasia lagi, orang biasanya lebih tertarik membeli barang dengan iklan dan media promosi yang menarik dibandingkan yang tidak dipromosikan. Misalnya saja pembeli akan lebih tertarik membeli tas seharga Rp. 400.000 dengan diskon sebesar 20% dibandingkan tas jenis yang sama persis namun tidak memiliki diskon dengan harga Rp 320.000. Padahal bila dihitung hitung harga yang ditawarkan juga sama. Untuk mendapatkan cakupan pemasaran yang lebih luas, manfaatkan berbagai toko online seperti bukalapak, tokopedia, lazada ataupun blog pribadi. Jangan lupa membagikannya lewat media sosial yang dimiliki. Ini akan menambah jumlah calon pembeli produk anda.

  1. Respon Cepat

BIsnis online shop tidak sama dengan bisnis offline dimana pembeli dan penjual dapat bertemu dalam satu lokasi. BIsnis online shop mempertemukan penjual dan pembeli melalui dunia maya. Oleh karena itu setiap interaksi yang dilakukan oleh calon pembeli harus direspon dengan cepat dan sopan. Respon cepat penjual dalam menanggapi pertanyaan calon pembeli akan menjadi nilai tambah dan pertimbangan tersendiri dalam membeli produk yang anda tawarkan.

Demikian uraian cara memulai bisnis online shop secara singkat. Ingat bahwa dalam bisnis online shop, kualitas barang dan pelayanan yang cepat adalah dua kunci utama menarik pembeli untuk melakukan order kembali atau memberikan review yang baik.

Baca Juga : 3 Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal dengan Pasti!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 59 = 69