Cara Memasarkan Produk Baru Secara Efektif

Apakah Anda ingin masarkan produk baru? atau menambahkan produk baru ke bisnis yang  Anda kelola? Meluncurkan produk kita harus menganalisa seberapa sukses produk ini laku dipasaran.Bagaimana kita memasarka produk tersebut.

Memasarkan produk baru mempunyai teknik yang berbeda jika dibandingkan dengan mempromosikan produk yang sudah ada sebelumnya. Karena produk baru belum banyak dikenal dan digunakan oleh masyarakat.Oleh karena itu, teknik yang digunakan untuk memasarkan produk baru juga berbeda.

Berikut ini beberapa cara memasarkan produk baru :

Mengenal kompetisi
sumber : http://mm.aiircdn.com

Anda dapat belajar banyak tentang bagaimana pasar dan pasar produk Anda dengan melihat bagaimana persaingan terjadi. Jika tidak ada produk yang identik di pasar, gunakan produk serupa sebagai bagian dari proyek penelitian Anda. Gunakan pandangan Anda sebagagai konsumen ketika melakukan penelitian , lihat produk dan membandingkannya dengan produk Anda sendiri dari sudut pandang pelanggan. Mengambil pendekatan ini dapat membantu Anda mendapatkan wawasan tentang apa taktik yang mungkin bekerja untuk menjual produk Anda dan apa yang mungkin tidak berhasil berdasarkan pertimbangan pelanggan.Cara ini menunjukkan apa kelebihan dari produk Anda dan mengapa pelanggan harus membeli produk dari Anda.

Mengidentifikasi Target pasar
Sumber : http://www.vpasp.com

Pikirkan tentang pelanggan yang paling mungkin untuk membeli produk Anda. Tuliskan deskripsi dari mereka itu. Gunakan deskripsi seperti  daftar umur, status ekonomi, geografi, pekerjaan mereka, bahkan hobi mereka . Anda dapat menentukan karakteristik ini dengan meninjau produk serupa dan menganalisis Pelanggan yang membeli produk tersebut. Dengan mengidentifikasi target pasar Anda, Anda dapat menonjolkan  manfaat dan fitur dari produk Anda yang  penting untuk mereka.

Buat campuran pemasaran
Sumber : https://lukasweber425.files.wordpress.com

Cara ini dikenal sebagai bauran pemasaran, untuk mencapai target pasar Anda, gunakan berbagai bentuk pemasaran, iklan dan media untuk mencapai mereka. Pelanggan yang menjadi sasaran Anda tidak hanya pergi online atau membaca koran lokal. Mencari cara yang berbeda untuk mengtahui di mana target pasar Anda menjadi hal yang penting dan kemudian menambahkannya ke bauran pemasaran Anda. Menggunakan promosi online, beberapa tatap muka atau menggunakan kuisioner tentang pengenalan produk Anda kepada orang-orang yang Anda targetkan. Orang-orang dengan tingkat respons yang tinggi harus digunakan lagi. Orang-orang dengan hasil yang kurang optimal harus diubah untuk meningkatkan respon.

Menciptakan Buzz (Penyebaran Informasi)
Sumber : http://www.createcr.com

Peluncuran produk baru harus melibatkan menciptakan banyak buzz di sekitar peluncuran produk. Menggunakan teknik-teknik pemasaran yang sebanyak mungkin untuk menghasilkan kesadaran dan mengumpulkan minat dalam produk. Beberapa perusahaan atau pebisnis ada sudah mulai meluncurkan buzz seminggu sebelum mereka meluncurkan produk secara resmi. Tonjolkan kelebihan-kelebihan dan keunikan produk Anda kepada pada pelaggan Anda.Anda bisa menggunakan iklan meda, online dsb. Jika Anda sudah memepunyai pelanggan sebelumnya, Anda bisa mengirimkan email kepada mereka.

Ada beberapa teknik yang dilakukan untuk membuat buzz, salah satunya dengan membuatnya menjadi viral.Atau dengan membuat video promosi tentang produk Anda kemudian Anda bagikan kupon atau kuis berhadiah dan sebarkan ke sosial media Anda. Hal ini akan menarik mereka dan memperkenalkan produk Anda.

Video ini mungkin bisa menambah referensi atau bisa memberi Anda ide untuk produk baru Anda.

Selamat Berjualan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

41 − = 31