Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi Sama Sekali

Pernahkah suatu saat ketika Anda sedang bekerja dengan laptop Anda tiba-tiba tombol “A” pada keyboard komputer Anda tidak merespon atau lebih parah semua tombol keyboard Anda tidak merespons ketika tombol ditekan.? Semua ini bisa menjadi masalah, terutama ketika Anda memiliki pekerjaan yang berhubungan dengan perngetikan. Sangat repot sekali bukan? Tapi tenang saja, kali ini arsipuword akan berbagi kepada Anda cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi sama sekali sebagai pertolongan pertama jika Anda mengalami hal diatas.

sumber : google.com

Periksa debu pada keyboard Anda

Posisikan laptop Anda terbalik atau setidaknya 45 – 75-derajat dari sudut horisontal kemudian goyangkan laptop / keyboard Anda untuk mengeluarkan sisa debu dan benda-benda kecil. Kadang-kadang debu sisa makanan ringan bisa terjebak di bawah tombol.Jika Anda memiliki keyboard vakum atau kompresor , Anda bisa menggunakanya dengan untuk membersihkan debu dibawah keyboard Anda dengan cepat.Anda juga bisa menggunakan kuas berukuran kecil untuk membersihkanya.

Reboot PC Anda

Reboot bisa menyelesaikan seribu masalah, reboot komputer Anda bisa jadi masalahnya terdapat pada softwarenya bukan pada hardwarenya. Anda bisa menggunakan reboot manual atau restart, atau bisa juga menekan tombol power beberapa detik hingga computer Anda benar-benar padam.Jika setelah reboot masalah masih tetap sama, mungkin beberapa dibawah ini menjadi penyebabnya.

Dirver Perangkat Bermasalah

Masalah ini bisa timbul karena Anda sering menginstall perangkat lunak /software yang tidak jelas atau bisa juga diakibatkan karena virus. Selain itu, sering mematikan computer secara paksa juga mengakibatkan driver keyboard Anda menjadi rusak.

Periksa Device Manager pada laptop Anda. Jika pada bagian keyboard memiliki tanda seru di samping atau jika ikon keyboard tidak muncul sama sekali, maka Anda harus download driver keyboard Anda melalui halaman pabrikan dari computer Anda. Kemudian Install lagi driver yang baru.

Koneksi Keyboard bermasalah

Kadang-kadang keyboard kehilangan koneksi dengan motherboard pada laptop,Jika Anda mengenal dan mengerti komputer, silahkan buka dan bongkar laptop Anda kemudian periksa apakah sambungan keyboard kepada motherboard dalam keadaan bagus ataukah tidak. Biasanya koneksi lepas bisa diakibatkan karena laptop pernah jatuh, terbentur atau pemasangan pabrikan yang kurang baik.

Keyboard rusak

Jika langkah-langkah diatas juga masih belum bisa menyelesaikan masalah Anda. Bisa jadi keyboard Anda memang sudah rusak. Langkah selanjutnya, Anda harus mengganti keyboard Anda.Jika computer Anda baru, Anda bisa klaim garansi dari pabrikan. Namun jika computer Anda sudah lama, saatnya untuk mengganti keyboard baru hehehehe.
Itulah beberapa cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi sama sekali versi Arsipu Word. Jika ada yang ingin di diskusikan, silahkan ajukan di komentar ya..

Atau jika keyboard Anda hanya 1 saja yang rusak, simak video ini :

Terima kasih telah berkunjung 🙂

Baca Juga :

Cara Setting HP Android Baru Terlengkap!

Cara Membuat Flashdisk Menjadi RAM Tanpa Ribet!

Cara Mengubah video menjadi GIF Lengkap!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 + 1 =