Cara Membuat Grafik di Excel 2007 kurang dari 1 Menit!

Grafik merupakan salah satu penyajian data agar mudah dibaca oleh orang lain.Dengan membuat grafik, selain data mudah dibaca, ternyata grafik juga memudahkan kita dalam membuat suatu laopran. Kali ini kami bakal membagikan kepada Anda semua bagaimana sih cara membuat grafik di Microsoft excel 2007?

Tahap Persiapan

Dalam tahap persiapan ini, kita akan mempersiapakan data tabel terlebih dahulu. Data tabel bisa berbeda beda, tergantung dari jenis tabel yang akan dilaporkan. Contoh tabel sederhana seperti dibawah ini.

Tabel microsoft excel
Tabel microsoft excel

Ok setelah Anda mempunyai tabel yang akan dibuat grafik, sekarang saatnya Anda untuk mulai membuat grafik di microsoft excel Anda.

Tahap Pembuatan

Dalam tahap pembuatan ini tidak terlalu sulit kok, jangan membayangkan kesulitan terlebih dahulu karena sesuatu yang sulit akan mudah ketika mulai dikerjakan. Jadi curhat ya… wkwkwk ok langsung saja ke materi. Setelah Anda membuat tabel dengan desain seperti gambar sekarang blok semua tabelnya.

Blok tabelnya yaa..

Setelah semua di blok, sekarang pilih ke menu Insert -> pilih grafik . Menu Insert letaknya diatas, setelah menu home. Silahkan klik dan pilih jenis grafik yang akan dipakai.

Pilih Grafik sesuai kebutuhan

Jika sudah di klik maka akan muncul sebuag grafik yang isi datanya sesuai dengan tabel. Sampai pada tahap ini sebenarnya kita sudah bisa membuat tabelnya dengan sempurna. Namun kita bisa merubahnya nanti. Silahkan letakan grafiknya dimana aja kita akan memakainya. Bisa juga di copy dan di tempatkan dalam dokumen terpisah.

Grafik Excel yang sudah jadi

Untuk merubah kata pada series 1, silahkan saja klik pada Series 1 kemudian klik kanan dan pilih select data. Jika mengalami kesulitan, silahkan lihat gambar dibawah ini.

Pilih Select data

Jika sudah akan ada tampilan seperti gambar dibawah ini, klik pada Series 1 kemudian klik Edit.

Edit Series 1

Jika sudah akan muncul kotak dialog lebih kecil, silahkan isi nama datanya. Misalnya saya akan isi Total Gaji. Coba perhatikan gambar dibawah ini.

Isi dengan nama data

Jika sudah melewati klik OK aja lah, silahkan liat hasilnya. 😀 tentunya akan menjadi seperti ini..

Grafik setelah di edit

Lalu bagaimana Jika data itu merupakan data perbandingan?

Bagi sebagian orang, penampilan sebuah data dalam bentuk grafik digunakan untuk membuat suatu perbandingan. Misalakan membandingkan produksi dari tahun 2014 sampai 2017. Apakah ada kenaikan atau kah penurunan. Oke langsung saja ya kita memulai membuatnya.

Persiapan data yang akan kita tampilkan dalam bentuk tabel seperti gambar dibawah ini.

Data Perbandingan

Jika sudah, silahkan blog data mulai dari januari sampai juni yang paling kanan bawah.

Blok data tabel

Setelah itu lakukan langkah yang sama, yaitu klik Insert kemudian pilih Grafik yang akan digunakan.Jika sudah akan muncul gambar seperti dibawah ini. 😀

Grafik Jadi

Cara merubah Seriesnya? sudah dijelaskan diatas ya.. 😀

Penutup

Terima kasih untuk Anda yang sudah membaca artikel ini sampai akhir. Pada bagian ini adalah bagian penutup dari tutorial ini. Sebelum itu, jika ada pertanyaan, silahkan Anda komentar dibawah ini.Insya Allah akan kami balas semampu kami.

Jika masih kurang jelas, silahkan simak caranya dibawah ini 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *