Cara Membuat Kliping dari internet tanpa Ribet!

Hi Sobat arsipu, apakah kali ini Kamu sedang mencari Cara Membuat Kliping dari internet ? Jika iya, maka Kamu berada pada tempat yang tepat. Kali ini, kami akan berbagi informasi buat Kamu yang mungkin sedang ada tugas membuat kliping.Sebelum kita jauh membahas cara membuat kliping dari internet, alangkah lebih baik jika kita mengerti dulu apa itu kliping.

Apa sih Kliping itu?

Kliping adalah sebuah aktivitas / kegiatan menggunting atau memotong bagian tertentu dari sebuah buku, koran , majalah dan media lain yang kemudian menempelkanya pada sebuah buku / kertas karton.

Jadi pada intinya, kliping itu kegiatan menggunting informasi kemudian di tempel di buku/kertas karton. Begitu kan?Kiping tidak hanya sekedar menggunting dan menempel saja pada buku / kertas karton. Melainkan kliping harus memiliki tema dan mempunyai informasi yang menarik.

Apa tujuan dari membuat kliping?

Tujuan membuat kliping yaitu mengumpulkan informasi dengan tema tertentu dan menyajikanya untuk kepentingan tertentu.

Sumber : solopos.com

Apakah membuat kliping ada tekniknya?

Ada kok, dalam membuat kliping ada beberapa teknik yang biasa digunakan. Antara lain :

  1. System Ordnere
    Dalam teknik ini, pembuatan kliping tidak memerhitungkan urutan waktu , nama koran /majalah/ buku atau sumber dimana kliping tersebut berasal.Contoh kliping dengan teknik ini adalah kliping olahraga, musik dll.
  2. System Exive
    Pada teknik ini, kliping menitik beratkan pada sumbernya dengan detail (buku, majalah, koran dsb) dengan harapan dapat melacak sebuah informasi / peristiwa pada pada suatu waktu.

Cara Membuat Kliping dari Internet!

Ahirnya kita kita sampai pada tahap pembuatan kliping dari internet.Pada dasarnya membuat kliping dari internet tidak jauh beda dengan membuat kliping dari koran dan majalah. Namun yang perlu diperhatikan adalah informasi yang akan diambil harus memiliki sumber yang jelas dan dapat dipercaya.

Oke langsung saja ke tahapan-membuat kliping dari internet :

  1. Tentukan Tema
    Yang pertama sebelum kamu membuat kliping, pastikan kamu sudah mempunyai tema yang akan kamu buat menjadi kliping. Tema itu tergantung dari kliping yang akan kamu buat. Bisa teknologi, remaja, lingkungan dll. Hal ini penting karena nanti akan berhubungan dengan pencarian informasi.
  2. Pencarian Data/Informasi
    Inilah yang menjadi pembeda antara kliping dari buku / majalah dibanding dengan kliping dari internet. Jika dalam kliping buku kita harus mencari susah payah buku sumbernya, dengan internet kita akan lebih mudah dalam melakukan pencarian menggunakan mesin pencari.Yang perlu diperhatikan adalah sumber informasi yang kredibel dan dapat dipercaya sehingga kliping yang kita hasilkan lebih informatif dan dapat dipercaya.
  3. Cetak Data/Informasi yang didapat
    Selanjutnta setelah kamu mendapatkan informasi yang akan kamu buat kliping, silahkan print informasi yang akan kamu buat kliping.Kamu juga bisa mendesain klping tersebut sebelum di print seperti menambahkan backgroung atau mengatur besar kecilnya font yang digunakan.
  4. Gunting dan Tempel
     Sudah punya bahan dan data ? langsung saja gunting dan tempel klipingnya. Jangan lupa di hias ya.. supaya kliping kamu lebih menarik dan membuat pembaca lebih betah membaca kliping kamu. Tambahkan juga daftar isi dan halaman jika kamu menggunakan kertas HVS sebagai media tempelnya.
  5. Buat Covernya
    Sebuah kliping, utamanya dalam bentuk buku haruslah menggunakan cover untuk mempercantik klipingnya sekaligus memberi judul apa untuk kliping kita.
Sumber : gemscool.com

Sistematika Penyusunan Kliping

Dalam menyusun kliping sebenarnya tidak jauh beda dengan menyusun sebuah buku.Namun dalam kliping lebih sederhana karena bahan informasi berupa tempel-tempelan dari berbagai sumber.

Sistematika penyusunan kliping adalah sebagai berikut :

  1. Cover
    Cover atau sampul merupakan bagian dari kliping berguna memberi informasi mengenai tema dari kliping kamu.Selain memberi informasi tema, cover juga berfungsi untuk menambah keindahan dari kliping kamu.
  2. Kata Pengantar
    Kata pengantar sebenarnya jarang sekali disisipkan dalam kliping. Naun untuk memperlengkap, kliping Kamu tdak ada salahnya untuk menambahkan kata pengantar dalam klping kamu.
  3. Daftar Isi
    Daftar isi mempemudah para pembaca kliping kamu agar mereka mudah dalam mendapatkan informasi dari kliping yang telah kamu buat.
  4. Isi / Pembahasan kliping
    Bagian ini  merupakan bagian utama dari kliping kamu yang berisi data/informasi yang telah kamu kumpulkan sebelumnya dan akmu tempel.
  5. Kesimpulan dan saran
    Kesimpulan berisi tentang kesimpulan dari kliping yang kamu buat sertakan juga saran untuk kliping kamu.
  6. Daftar Pustaka
    Pada bagian akhir dari kliping kamu, tambahka daftar pustaka dari sumber informasi yang kamu dapatkan.Dengan menambahkan daftar pustaka, maka kliping kamu akan terlihat lebih profesional.

Itulah pembahasa kita mengenai Cara Membuat Kliping dari internet. Semoga bermanfaat. 🙂

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8 + 1 =