Cara Membuat Kliping di Komputer

Membuat kliping di komputer sebenarnya tidak jauh beda dengan membuak kliping dari buku.Namun membuat  kliping dari komputer akan lebih memudahkan kita, karena dengan bantuan alat yang canggih kita bisa membuat kliping dengan mudah karena kemudahan dalam mengelola dan mendesainya.Serta dengan bantuan internet, segalanya menjadi lebih mudah.

Sebelum kita membahas lebih jauh, jika kamu belum baca tentang Cara memmbuat kliping dari Internet, silahkan baca di mari :  Cara Membuat Kliping dari internet tanpa Ribet!.

Okey, jika sudah membaca artikel diatas, maka lanjut saya ya ke bagaimana cara membuat kliping di komputer.

Tahap Persiapan

Sumber gambar : www.shieldcasework.com

Pada tahap persiapan ini, yang perlu kamu lakukan adalah menentukan tema dan judul dari kliping yang akan kamu buat.Selain itu kamu juga perlu mencari data dari kliping yang akan kamu buat nantinya.Data itu bisa diambil dari situs berita atau majalah yang ada di Internet. Bisa juga mengambil dari artikel yang memiliki kredibelitas yang tinggi.

Data / Informasi yang kamu kumpulkan sebaiknya di pisah satu persatu berdasarkan judl berita dari masing-masing sumber. Hal ini yang akan menentukan penyusunan kliping kamu nantinya.

Tahap Editing

Symber gambar : martinfowler.com

Setelah semua informasi telah kamu kumpulkan, sekarang waktunya kamu mulai memilah-milah mana informasi yang akan kamu gunakan untuk bahan dari kliping kamu.Bahan kliping sebaiknya dipilih berdasarkan informasi yang menarik.Pada tahap ini sebaiknya kamu lebih teliti dalam memilih berita supaya tidak mengulang lagi ke tahap awal.

Tahap Desain

Sumber gambar
: www.pausethemoment.com

Informasi yang kamu dapat akan kurang menarik jika tidak memiliki desain yang menarik. Desain mejadi pendukung dari kliping yang akan dibuat. Dengan desain yang menarik dan rapi akan menambah betah orang yang membaca kliping kamu.

Untuk mendesain kliping, kamu bisa memanfaatkan software editor seperti Photoshop atau Corel draw.Yang perlu dilakukan dalam mendesain adalah bagian border dari kliping kamu. Kamu bisa membuatnya menjadi seperti icon-icon atau bentuk bentuk yang menarik lainya. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan warna belakang dari desain kliping kamu.

Tahap Posting

Sumber gambar : blog.tombowusa.com

Jika semua bahan dan desain kamu sudah selesai, sekarang saatnya untuk mulai mencetak kliping kamu. Desain yang kamu sudah buat , segera kamu cetak / print dengan bantuan microsoft word. Atur besar kecilnya agar desainya tidak meelenceng dari apa yang sudah kita rencanakan.

Setelah selesai kita cetak, saatnya ita gunting mengikuti pola yang sudah kita buat sebelumnya. Setelah digunting dan selesai, langsung tempel pada tempanya. Bisa pada kertas HVS atau karton. Letakan dengan hati-hati dan rapi ya.. agar kliping kamu terlihat indah.

Itulah beberapa cara membuat kliping di komputer. Maaf apabila dalam penulisanya masih banyak kekurangan karena penulis juga masih dalam tahap belajar. Sekian, terima kasih.

Semoga bermanfaat 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 + 6 =