Cara membuat npwp baru di Kantor Pajak Terbaru

Sekilas tentang NPWP

Pajak merupakan salah satu pendapatan terbesar negara. Dengan pajak, Negara bisa melangsungkan pembangunan, subsidi biaya pendidikan, subsidi kesehatan dan masih banyak lagi.Pajak dibayarkan oleh setiap wajib pajak yang ditandai dengan mempunyai NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak. Dengan memiliki NPWP, berarti kita sudah sah menjadi wajib pajak dan diwajibkan untuk membayar pajak dari penghasilan kita.

Syarat-syarat Pembuatan NPWP Pribadi

Sebelum Anda membuat NPWP ke kantor pajak terdekat dari kota Anda, sebaiknya Anda penuhi dulu syarat-syarat pembuatan NPWP Pribadi sebagai berikut.

  1. fotokopi Kartu Tanda Penduduk (Bagi Warga Indonesia) atau fotokopi paspor, fotokopi Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) bagi Warga Negara Asing.
  2. fotokopi SK PNS atau Keterangan Kerja dari Tempat Anda Kerja.(Bagi  pekerja/pegawai)
  3. Isi Formulir Pendaftaran (sudah Tersedia di Kantor Pajak)

Lalu bagaiamana jika saya sedang mencari pekerjaan sedangkan perusahaan yang akan saya masuki mewajibkan memilik NPWP? Sedangkan untuk membuat NPWP diperlukan surat keterangan kerja?

Saya dulu juga pernah mengalami kejadian ini. Namun, beberapa Kantor pajak masih mengijinkan pembuatan NPWP meskipun kita belum bekerja asalkan dengan informasi yang jelas bahwa Anda akan bekerja pada tempat tersebut. Jika informasi tidak jelas, maka Anda tidak diinjinkan membuat NPWP.

Cara membuat NPWP baru di Kantor Pajak

Untuk membuat NPWP baru dikantor pajak, Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini.

  1. Persiapkan segala syarat-syaratnya.
    Sebelum Anda pergi ke kantor pajak untuk mengurus NPWP, sebaiknya Anda persiapkan segala keperluan yang dibutuhkan.Seperti fotokopi KTP, Surat keterangan Kerja dll. Jangan sampai ketika Anda sampai di kantor pajak, terdapat kekurangan sehingga Anda akan bolak balik ke kantor pajak.
  2. Berangkat lebih pagi ke kantor Pajak.
    Usahakan saat pergi ke kantor pajak lebih awal, atau sebelum makan siang. Kenapa? karena jika Anda datang siang hari biasanya kantor pajak sudah mulai ramai dan antri. Lebih baik Anda berangkat pagi sehingga terhindar dari antri dan lebih cepat dalam pengurusanya.
  3. Isi Formulir NPWP yang diberikan oleh petugas
    pada saat Anda kesana, silahkan lapor pada  petugas, maka petugas akan memberikan sebuah formulir yang harus Anda isi sesuai dengan identitas Anda. Jika ada kebingungan, jangan ragu-ragu untuk bertanya pada petugas.
  4. Serahkan formulir kepada petugas.
    Setelah Anda mengisi formulir yang telah diberikan oleh petugas, jika sudah selesai silahkan Anda serahkan kepada petugas. Biasanya petugas akan memeriksa kelengkapan dan data pada formulir.Jika sudah, petugas akan segera pemproses NPWP Anda.
  5. Tunggu kartu NPWP
    Setelah semua persyaratan terpenuhi, petugas kantor pajak akan memberikan kartu NPWP yang nantinya bisa Anda gunakan untuk keperluan pembayaran pajak. Dalam kartu itu tertera, nama dan nomor wajib pajak Anda. pada sampai saat ini, tahap pembuatan NPWP telah selesai.
Kartu NPWP

Apakah ada biaya dalam pengurusan NPWP?

Tidak ada, pengalaman saya dulu waktu mengurus NPWP tidak ada biaya yang dikeluarkan alias gratis.

Apakah perlu lapor SPT tahunan setelah mendapat NPWP?

Iya tentu, Anda harus melakukan pelaporan SPT setelah mempunyai NPWP. Namun, jika Anda bekerja pada perusahaan biasanya perusahaan yang akan melaporkan SPT Anda melalui pegawainya seperti divisi pajak/accounting.

Oke, sekian dulu sharing saya kali ini mengenai pembuatan NPWP baru di kantor pajak.Anda tidak perlu takut, atau malu pergi ke kantor pajak untuk membuat NPWP karena petugas disana akan membimbing Anda dengan senang hati. 🙂

Sekian, semoga bermanfaat 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 1 = 3