Inilah Cara Membuat Kliping Yang Baik dan Benar

Membuat kliping merupakan suatu hal yang sangat menarik dan menantang.Bagaimana tidak, kita dituntut untuk mencari informasi dengan tema tertentu yang di dapat dari buku, majalah, koran atau buku yang kemudian akan dipotong dan di tempel menjadi serangkaian kliping.Dalam membuat kliping, kita tidak bleh asal-asalan karena apa, kliping yang dibuat asal-asalan tidak akan mendapatkan nilai yang baik dan informasi yang kurang jelas.

Membuat kliping biasanya dilakukan karena tugas, namun ada juga membuat kliping karena hobi.Dari itu semua, membuat kliping akan sangat mudah dan menyenangkan apabila Anda mengetahui caranya.Kali ini, arsipu word akan berbagi kepada kamu yang lagi bingung cari referensi kliping untuk tugas kamu. Karena kali ini kita akan membahas cara membuat kliping yang baik dan benar.

Pilihlah tema kliping kamu

Kliping Traveling , Sumber : journeyjottings.com

Membuat kliping tentu akan memiliki tema. Kliping tidak dibuat sembarangan melainkan memiliki tema tertentu. Misalnya kliping tentang kemerdakaan, maka akan berisi informasi tentang kemerdekaan seperti : sejarah kemerdakaan, perayaan kemerdekaan unik, lomba kemerdekaan terheboh dan masih banyak lagi. Kliping tanpa tema akan membuat pembaca bingung kemana arah dan tujuan kliping yang akan kamu buat.

Daftar kebutuhan informasi kliping kamu

Buatlah Ceklist , Sumber : winecurmudgeon.com

Setelah kamu memilih tema dari kliping kamu, sekarang saatnya kamu mulai  mendaftar daftar / list dari kebutuhan kliping kamu. Tentunya harus sesuai dengan tema. Contonya kamu akan membuat kliping tentang keindahan alam maka kamu bisa menambahkan daftar list : Keindahan alam gunung bromo, pesona pantai kuta bali, keindahan ranu kumbolo, keindahan danau toba dan masih banyak lagi.List sebanyak mungkin informasi yang akan kamu isi pada kliping kamu. Ini akan memudahkan kamu dalam mencari informasi kliping kamu nantinya.

Cari informasi untuk kliping kamu

Mencari informasi sebanyak mungkin, Sumber : google image

Nah setelah semua persiapan selesai, sekarang saatnya kamu mulai berburu informasi untuk kliping kamu. Kamu bisa mulai mencari sumber dari buku, koran lama, majalah atau media Internet.Disinilah fungsi dari daftar yang telah kita buat sebelumnya tadi. Usahakan kamu mencari informasi yang telah terdaftar dalam daftar yang telah kamu buat ya.. Dengan begitu proses pencarian informasi akan lebuh cepat.

Tempel dan hias kliping kamu

Tempel dan Hias kliping, Sumber : dailymail.co.uk

Setelah mendapatkan semua informasi yang kita butuhkan, sekarang saatnya mulai menempelkan kliping kamu.Menggunting dan menempel tidak sembarangan juga lo.. kamu harus menghias kliping kamu, misalkan dengan plola guntingan yang unik, susunan tempelnya yang rapi atau penambahan aksesoris icon disekitar tulisan yang kamu tempel.Dengan hiasan yang menarik, akan membuat pembaca betah untuk membaca kliping kamu.

Susun kliping kamu

Susunlah kliping mu , Sumber : pinimg.com

Ternyata eh ternyata, dalam membuat kliping itu tidak semerta-merta cuman menempel dan selesai. Ada susunan yang bisa dijadikan patokan agar kliping kamu menjadi lebih tertata dan lebih profesional.Berikut ini adalah susunan yang bisa kamu gunakan dalam membuat kliping kamu.

  1. Cover
  2. Kata Pengantar
  3. Daftar Isi
  4. Isi / Pembahasan kliping
  5. Kesimpulan dan saran
  6. Daftar Pustaka

Selesai

Nah itulah beberapa langkah yang bisa kamu gunakan dalam membuat kliping yang baik dan benar. Membuat kliping yang bagus adalah kliping yang kaya informasi, memiliki desain yang menarik dan sistematika penyusunan kliping yng baik. Dengan membuat sistematika yang baik, saya yakin kliping kamu akan mendapatkan nilai yang tinggi. 😀

Oke,sekian dlu informasi dari kami semoga bermanfaaat. 🙂 Jangan segan-segan untuk membagikan tulisan ini, agar teman kamu juga tahu bagaimana membuat kliping yang baik dan benar.

 

Sampai jumpa di lain waktu 🙂

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 1 = 5